Mau, Daniel Pandu (2022) Laporan Akhir Skema Penelitian Dasar Dana Hibah Internal Akademi Sages T/A 2021-2022 : Pengembangan Destinasi Pariwisata Di Kota Palangkaraya Melalui Pemanfaatan Ragam Kuliner Khas Dayak Sebagai Daya Tarik Wisata Pendukung. Project Report. AKADEMI SAGES, SURABAYA.
![[thumbnail of PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA DI KOTA PALANGKARAYA MELALUI PEMANFAATAN RAGAM KULINER KHAS DAYAK SEBAGAI DAYA TARIK WISATA PENDUKUNG.pdf]](http://repository.sages.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA DI KOTA PALANGKARAYA MELALUI PEMANFAATAN RAGAM KULINER KHAS DAYAK SEBAGAI DAYA TARIK WISATA PENDUKUNG.pdf
Download (760kB)
Abstract
Sebagai ibu kota terluas di Indonesia, Palangka Raya menyimpan kekayaan
potensi pariwisata, mulai dari alam hingga budayanya, termasuk ragam kuliner
yang merupakan warisan budaya lokal. Menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari
pariwisata, kuliner mampu menjadi daya tarik pendukung suatu destinasi, apalagi
dengan kekhasan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi
potensi kuliner yang ada di Palangka Raya, khususnya kuliner tradisional khas
Dayak-Kalimantan Tengah untuk dimanfaatkan sebagai daya tarik pendukung
destinasi pariwisatanya. Metode kualitatif melalui pendekatan studi kasus
digunakan untuk mencapai tujuan penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi
langsung di objek penelitian, wawancara dengan para stakeholders dan wisatawan
sebagai informan, dan didukung dengan sumber dokumentasi. Data yang terkumpul
dianalisis menggunakan teknik interaktif, yaitu data collection, data condensation,
data display, dan conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa industri kuliner
di Palangka Raya mulai berkembang dengan menjamurnya para pelaku usaha
kuliner. Namun demikian, hanya sebagian yang memanfaatkan kekayaan kuliner
tradisional yang seharusnya mampu menjadi daya tarik pendukung, bahkan utama
dalam memotivasi wisatawan untuk berkunjung karena sifatnya yang unik dan khas
sehingga cenderung diminati. Pemanfaatan kuliner tradisional menjadi aspek
penting dalam meningkatkan kompetitifitas dan membangun destination brand
identity Palangka Raya, karena keunikan membuatnya berbeda dengan destinasi
lainnya. Namun demikian, pemanfaatan potensi besar tersebut perlu didukung oleh
para stakeholders yang saling bersinergi dalam pengembangannya. Bukan tidak
mungkin kedepannya, potensi yang dimiliki dapat dimanfaatkan untuk
mengembangkan daya tarik wisata kuliner atau gastronomi. Tidak hanya untuk
meningkatkan perekonomian masyarakat lokal, tetapi juga sebagai bagian dari
pelestarian budaya lokal Dayak-Kalimantan Tengah.
Kata Kunci: Brand Identity; Dayak-Kalimantan Tengah; Kuliner Tradisional;
Palangka Raya; Wisata Kuliner
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Perpustakaan > Laporan Penelitian |
Depositing User: | Sages Library |
Date Deposited: | 03 Apr 2024 08:33 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 08:12 |
URI: | http://repository.sages.ac.id/id/eprint/154 |